Pengertian Teknologi Blue Core Yamaha Adalah yang Terbaik

Hargamotorpro.com – Pengertian Teknologi Blue Core Yamaha Adalah yang Terbaik – Maksud dari teknologi Blue Core Yamaha adalah suatu perangkat yang mampu membuat proses pembakaran pada motor jadi semakin optimal. Sehingga penggunaan bahan bakar bisa lebih hemat dan irit hingga sekitar 50%. Menurut rencana, teknologi ini akan diterapkan pada semua kendaraan motor keluaran Yamaha. Harga Yamaha Mio Z

Sesuai dengan fakta, tidak semua energi yang diproduksi dan dihasilkan sistem pembakaran oleh mesin dapat disalurkan di bagian roda belakang. Sebagian dari energi tersebut ada yang terbuang. Enrgi yang terbuang ini akan membentuk gesekan dan panas. Kondisi seperti inilah yang dimaksimalkan oleh Yamaha melalui Blue Core.

Manfaat Teknologi Blue Core

Salah satu manfaat dari teknologi Blue Core Yamaha adalah menjadikan bobot kendaraan lebih ringan. Caranya, desain pada sasis dirubah dan diganti dengan perabot mesin dari bahan yang sifatnya ringan. Selain itu teknologi ini juga dapat memaksimalkan sistem pembakaran. Sehingga proses pada pelepasan tenaga panas jadi semakin baik.

Di beberapa tipe kendaraan dengan adanya Blue Core kapasitas mesin bisa diturunkan. Meski tingkat penurunannya tidak terlalu banyak, tapi hal ini bisa mengurangi proses gesekan yang selalu terjadi ketika piston sedang bekerja naik dan turun. Karena gesekannya dapat dikurangi maka energi yang dihasilkan tidak akan berubah, bahkan dapat ditingkatkan.

Fungsi lain dari teknologi Blue Core Yamaha adalah menciptakan sistem pembakaran pada mesin yang semakin maksimal melalui perubahan desain di bagian injektor bahan bakar dan katup. Apabila pembakaran makin mendekati kesempurnaan, emisi gas yang dikeluarkan dari saluran pembuangan juga makin sedikit jumlahnya. Sehingga sifatnya berubah menjadi lebih ramah pada lingkungan.

Manfaat berikutnya, panas pada mesin bisa dilepaskan secara lebih cepat. Karena itu Yamaha selalu memakai model desain sirip pada mesin pelepasan panasnya dalam jumlah yang lebih banyak sekaligus lebih rapat. Selain itu sistem kerja pendinginnya yang menggunakan air dan oli bisa disempurnakan dengan tujuan agar tidak terlalu banyak energi yang terbuang.

Selain mesin, Yamaha juga mempunyai niat mengaplikasikan teknologi Blue Core pada bodi motor. Sebab penggunaan teknologi ini sendiri memang ditujukan pada pengoptimalan sistem kerja mesin. Sehingga tingkat ketergantungan pada perabot elektroniknya dan sejenisnya bisa dikurangi.

Dengan adanya rencana dan keinginan tersebut, Yamaha terus berusaha mengembangkan dan melakukan inovasi kepada Blue Core. Karena pada saatnya nanti teknologi ini akan dijadikan platform utama bagi pabrikan Jepang tersebut.

Dukungan Pertamina

Di Indonesia, munculnya teknologi Blue Core mendapatkan dukungan penuh dari Pertamina. Melalui produknya pertalite, bahan bakar ini sangat cocok dipakai oleh kendaraan yang telah mempunyai perbandingan kompresi antara 9:1 hingga 10:1. Hampir semua model kendaraan Yamaha punya kompresi lebih dari 9.

Dapat dikatakan, teknologi Blue Core Yamaha adalah teknologi yang sangat sesuai dengan berbagai macam kelebihan yang terdapat pada pertalite milik Pertamina. Misalnya oktan yang lebih tinggi dan sistem pembakaran yang sangat efisien. Sehingga performa motor jadi makin dahsyat dan sangat sesuai dengan kebutuhan pengendara Indonesia.

Sumber : Yamaha Mega Utama